Entries

Ini Bukan Hanya Hitam dan Putih - Memahami Pentingnya Kontras dalam Desain Grafis




Rabu, 16 April 2014
Featured_Image
Graphic Design

Apakah Anda bekerja pada tata letak untuk brosur atau merancang sebuah poster Band , membangun kontras adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan . Kontras adalah sesuatu yang orang tertarik dengan tapi itu salah satu dari hal-hal yang , bila dilakukan dengan benar , harus benar-benar diperhatikan . Dilakukan secara tidak benar meskipun dan tongkat keluar seperti jempol sakit . Itulah mengapa begitu penting bagi Anda , sebagai desainer , untuk bermain perhatian dekat dengan kontras dalam desain Anda .
Kontras menarik mata , menambah daya tarik visual untuk komposisi dan bisa dalam berbagai bentuk . Pikiran pertama Anda mungkin warna kontras seperti vs hangat dingin dan gelap vs terang . Sementara warna merupakan prinsip yang sangat penting kontras , ada juga hal-hal seperti kontras jenis , keselarasan dan ukuran . Prinsip-prinsip yang berbeda semua memainkan peran penting dalam apakah atau tidak Anda memiliki desain yang sukses yang menarik dan mudah diikuti .
Bagi Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari konsep-konsep yang sangat penting , mari kita pergi secara mendalam ke dalam masing-masing sehingga Anda dapat mulai menerapkannya percaya diri dalam proyek berikutnya .

Contrast of Size

Pada gambar di bawah ini, Anda dapat melihat contoh yang sangat sederhana kontras ukuran. Mata Anda tertarik pada teks besar. Rasanya alam; sesuatu yang besar di samping sesuatu yang kecil akan menunjukkan item besar adalah jauh lebih signifikan. Memiliki kontras ukuran menambahkan bunga visual dalam komposisi, dan akan membantu Anda membangun elemen kunci dalam tata letak Anda sehingga Anda dapat yakin penampil berfokus pada area yang tepat.
Size
Kontras ukuran ini tidak berlaku untuk hanya teks; itu juga dapat menjadi gambar dalam desain. Ini penting bahwa Anda menemukan area di desain Anda di mana Anda ingin pengunjung untuk fokus pada. Cobalah untuk memimpin mata pemirsa dengan memiliki variasi ukuran. Jika seluruh tata letak Anda terdiri dari teks dan elemen lain semua persis ukuran yang sama, itu akan kemungkinan besar akan cukup menarik.

Prinsip ini sangat penting jika Anda bekerja dengan langit-langit yang sangat terbatas, karena Anda tidak akan dapat mengandalkan warna untuk membantu Anda membangun kontras dalam desain atau tata letak.

Contrast of Color

Kontras warna ini bisa dibilang salah satu prinsip kunci dari desain dan, seperti yang disebutkan sebelumnya, itu mungkin yang akan Anda kenal dengan. Anda bisa mendapatkan contoh yang sangat sederhana dari teori ini jika Anda mengambil latar belakang putih dan drop teks hitam di atasnya. Kontras antara nilai-nilai putih dan hitam cukup jelas. Namun, Anda mungkin akan bekerja dengan warna langit-langit yang jauh lebih besar dari sekedar hitam dan putih.
Color_01
Menetapkan kontras yang tepat warna dapat membuat atau menghancurkan desain Anda. Anda tidak ingin warna bertentangan satu sama lain sedemikian rupa bahwa itu membingungkan dan menjengkelkan untuk melihat. Melihat gambar di atas, mata Anda mungkin akan mulai menyakiti setelah menatap itu bahkan hanya beberapa detik.
Color_02
Di sisi lain, gambar yang ditunjukkan di atas di sini menunjukkan tingkat besar kontras antara latar belakang dan warna teks yang menyenangkan untuk melihat itu. Warna-warna yang dipilih itu hanya nuansa yang berbeda dari gambar sebelumnya, tapi ini bekerja jauh lebih baik bersama-sama. Sangat penting untuk bekerja dengan melengkapi warna-warna yang tidak menyebabkan ketegangan pada mata. Anda juga tidak ingin bekerja dengan warna-warna yang sangat mirip satu sama lain, seperti merah dan oranye misalnya.

Contrast of Shape

Memanfaatkan kontras dalam bentuk untuk desain Anda benar-benar dapat membantu membuat hal-hal menonjol. Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat unsur-unsur utama dari desain Anda menonjol dengan membuat perbedaan nyata dalam bentuk dibandingkan dengan sisa dari unsur-unsur dalam tata letak.

Tergantung pada seberapa jauh Anda mengambil ini, Anda dapat membuat tingkat yang sangat ekstrim kontras untuk menarik lebih banyak perhatian ke suatu daerah. Misalnya, jika Anda memiliki tata letak di mana semua elemen yang terdiri dari persegi panjang, tetapi tepat di tengah ada lingkaran, perhatian pemirsa akan pergi langsung ke lingkaran karena berbeda dari sisa elemen.
Shape
Jika Anda memeriksa gambar di atas, Anda dapat melihat tata letak ini hampir seluruhnya terdiri dari bentuk persegi panjang. Foto-foto tersebut persegi panjang, serta elemen grafis yang berbeda. Hal yang mungkin akan menonjol bagi Anda yang paling, bagaimanapun, adalah lampu karena itu satu-satunya elemen dalam komposisi yang tidak bentuk persegi panjang, dan mata Anda pergi langsung ke gambar yang pertama.

Contrast of Type

Tidak peduli apa desain Anda membuat, kemungkinan Anda akan bekerja dengan beberapa jenis font. Ketika datang ke tipografi, unsur-unsur lain dari kontras semua dapat diterapkan, apakah itu warna, ukuran atau bentuk.

Ketika bekerja dengan layout, Anda tidak pernah ingin memiliki font yang sama yang digunakan untuk seluruh desain. Sebaliknya, menemukan tempat-tempat di mana Anda dapat membuat variasi, seperti daerah yang paling penting. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan jenis huruf yang sama tetapi memiliki satu tebal dan yang lain cahaya atau biasa. Ini akan memberikan Anda kontras, tetapi juga menyimpan unifikasi bahwa dalam desain Anda, karena Anda tidak ingin memiliki jenis huruf yang berbeda untuk setiap tubuh teks.
Type
Dalam contoh di atas tata letak, Anda dapat melihat representasi besar kontras antara tipe. Sementara ada benar-benar hanya dua tipografi yang berbeda yang digunakan dalam desain, ada kontras yang besar antara kedua jenis dan warna.

Kontras adalah salah satu prinsip yang paling penting dalam desain, dan ia pergi lebih jauh dari nilai-nilai warna hanya terang dan gelap. Semua elemen ini kontras harus bekerja sama dalam tata letak atau desain untuk membantu mencapai tampilan akhir. Perlu diingat bahwa tidak semua kebutuhan tingkat besar kontras ke tempat itu meninju wajahmu; itu bisa halus.

Lain kali Anda bekerja pada tata letak, pastikan Anda menerapkan prinsip-prinsip ini untuk menciptakan pekerjaan yang lebih menarik. Untuk mempelajari lebih lanjut, menonton salah satu mendalam tutorial InDesign kami meliputi Prinsip Desain Grafis dan terus belajar dengan lebih tutorial Desain Grafis.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 • Dewi Yolandawati • All rights reserved | Published by satu-delapan